Bali Destinasi Wisata Pulau Terbaik Dunia - News In Bali

Breaking

Selasa, 06 Maret 2018

Bali Destinasi Wisata Pulau Terbaik Dunia




Liburan terasa berkesan bukan cuma karena bikin kita seneng atau bebas stress sejenak, lho. Liburan yang bikin kita tambah pengetahuan dan ngalamin banyak hal unik juga pastinya susah dilupain, termasuk saat liburan di Bali. Kita suka Bali bukan karena cuma bisa santai di pantainya, kulineran di restoran keren, atau yoga di tepi sawah, tapi juga karena ada banyak unsur budaya lokal mereka yang bikin berdecak kagum. Mau ngerasain liburan yang lebih inspiratif di sana? Mister punya 7 rekomendasi wisata budaya di Bali buat kamu.
1.      Menyaksikan pertunjukan tarian tradisional

Ngomongin soal budaya di suatu tempat memang nggak bisa jauh-jauh dari tarian tradisionalnya. Tarian Bali udah terkenal ke seluruh dunia karena gerakannya yang captivating dan magical. Banyak turis asing yang rela berbondong-bondong ngumpul di tempat-tempat pagelaran tari demi ngeliat langsung keindahannya.
Penasaran? Kalau kamu lagi ke Ubud, dateng aja ke Pura Saren untuk nonton langsung tarian Barong atau Legong di sana. Kalau kamu lagi di Uluwatu, nonton pertunjukan Tari Kecak di atas bukit dilatarbelakangi sunset bakalan bikin kamu merinding kagum!
2.       Menonton upacara-upacara tradisional

Selain tarian, upacara tradisional juga nggak kalah menariknya untuk ditonton secara langsung. Ada upacara yang rutin diadain tiap tahun, ada juga upacara yang diadain occasional alias nggak tentu.
Kalau beruntung, kamu bakalan bisa ngeliat langsung upacara Ngaben yang terkenal dengan segala kompleksitas dan makna spiritualnya yang dalem banget. Selain itu, ada juga upacara Hari Raya Galungan yang diadain setiap 6 bulan sekali. Yang jelas, setiap upacara di sana udah terbukti bikin banyak turis jatuh hati!
3.       Wisata ke desa-desa budaya

Terkagum-kagum sama patung penuh ukiran rumit atau silau liat kerajinan perak asal Bali? Pasti penasaran, dong, sama tangan-tangan andal serta tempat asal semua karya seni itu? Supaya bisa lihat langsung pembuatannya, mending kamu wisata ke desa-desa tempat tinggal para perajin, deh.
Butuh rekomendasi? Buat kamu yang pengin liat proses pembuatan sekaligus beli suvenir ukiran bisa main ke Desa Mas di Gianyar Barat. Selain itu, sekitar 10 km dari Denpasar ada Desa Celuk yang terkenal dengan kerajinan perak dan emasnya. Atau mau lihat kebudayaan Bali kuno yang masih dilestarikan? Kamu bisa pergi ke Desa Tenganan yang masih ngejalanin kebudayaan Bali Aga. Selain itu, ada juga Desa Penglipuran yang punya arsitektur bangunan sama persis di seluruh areanya. Penduduk desa ini dulunya sering bertugas untuk menghibur keluarga kerajaan Bali, lho, nggak heran kalau dinamai “Penglipuran” yang berarti “penghiburan”.
4.       Mengunjungi pura

Kalau kamu merhatiin pamflet, spanduk, atau iklan apa pun yang berhubungan sama Bali, biasanya bakalan ada gambar pura terpampang di antara gambar penari Bali dan dan pantai. Bali memang punya banyak pura yang indah, jadi jangan sampe kamu nggak mengunjungi beberapa di antaranya. Semuanya punya pesonanya masing-masing!

Ada Pura Tanah Lot, Pura di atas batu di tepi pantai yang terkenal dengan pemandangan indahnya pas sunset. Ada juga Tirta Empul, pura di daerah Ubud yang jadi tempat ritual mandi untuk penyucian diri para penganut agama Hindu Bali, dan Ada juga Besakih, pura terbesar dan termegah di Bali yang terletak di kaki Gunung Agung.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages