Dampak perkembangan teknologi bagi budaya Bali - News In Bali

Breaking

Selasa, 06 Maret 2018

Dampak perkembangan teknologi bagi budaya Bali

Dampak perkembangan teknologi bagi budaya Bali

Perkembangan teknologi tentu membawa perubahan yang begitu baik dan pesat dalam kehidupan manusia. Perkembangan itu baik adanya jika sesuai dengan apa yang diharapkan. Ilmu pengetahuan dan teknologi sangat besar pengaruhnya dalam kehidupan berbudaya. Teknologi sendiri dapat muncul dari ilmu pengetahuan yang selalu berkembang dari zaman ke zaman. Namun, pengaruh ilmu pengetahuan dan teknologi dalam pembentukan budaya mempunyai dampak positif maupun negatif.

Dari dampak negatif yang ditimbulkan dari perkembangan teknologi informasi ini adalah terciptanya sifat dan sikap ketergantungan kepada teknologi yang semakin canggih sehingga banyak orang yang mulai melupakan nilai-nilai kebudayaan yang ada di Bali.
Sebagai salah satu contoh, anak-anak zaman sekarang lebih senang bermain dengan gadget canggih dibandingkan dengan belajar tari bali yang merupakan salah satu kebudayaan Bali. Dengan hal tersebut, maka anak-anak tersebut tidak dapat mengenal bahkan melestarikan budaya-budaya yang ada di Bali.

Namun teknologi tidak hanya membawa dampak negatif. Teknologi yang canggih jika digunakan dengan baik dapat dipergunakan untuk mempromosikan budaya Bali. Misalnya mereka membuat website atau blog tentang budaya Bali maka orang diseluruh belahan dunia bisa membaca atau mengunjungi sehingga mereka bisa mengetahui budaya Bali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages